Kamis, 04 Agustus 2016

TIPS AGAR PRINTER AWET DIPAKAI

Tips pemakaian printer supaya awet (canon IP2770)

Hey guest… kembali lagi saya kasih tips gimana cara supaya printer yang kita pakai lebih awet setidaknya tidak gampang error atau bermasalah.
Ini berdasarkan pengalama saya dalam memakai printer. Printer yang sering saya pakai merk Canon IP2770 dan canon MP258. Tips ini bisa saja diterapkan pada semua merk printer tidak harus printer canon.
Printer sering bermasalah bisa saja karena salah pemakaian. Kok bisa salah pemakaian..? simple saja dikantor saya banyak user ya.. kalau orang bilang asal pakai. Ndak perhatikan kenapa printer sering bermasalah sedangkan yang dipakai sama saya jarang bahkan ndak bermasalah.
Ini kenapa saya shared supaya printer yang kamu pakai bisa awet.

1.       Usahakan selalu dipakai
Setelah printer dinyalakan dan dipakai pertama kali, untuk selanjutnya kita usahakan selalu memakai printer setiap saat setidaknya sehari satu kali kita print out. Jangan mendiamkan printer  tidak terpakai berlama-lama bahwkan sampai hitungan minggu, sebab ini bisa membuat catride yang sudah kebuka kering. Jika sudah kering hasil printer tidak akan bagus lagi. Maka perlu ganti catride yang harga cantri ori sangat mahal.
Lebih parah lagi printer bisa rusak karena lama ndak dipakai.

2.       Usahakan Tidak kehabisan kertas
Usahakan tidak kehabisan kertas di printer ketika kita sedang nge-print lembar kerja yang mungkin banyak lebar yang di print. Pengalaman dari teman sekantor, dia kalau print selalu lupa isi kerta ke printer, dan berlangsung  berkali-kali akhirnya penarik kertas printer bermasalah, printer menarik kertas tidak satu-satu tetapi beberapa lembar langsung ketarik. Ini bermula ketika kertas di printer kosong, sendangkan printer dalam posisi kerja cetak, tarikan kertas begitu keras dan berulang karena tidak ada kertas yang masuk.

3.       Usahakan selalu isi cantride tinta
Usahakan kantrid tinta selalu ada isinya. Tinta katride habis baiknya sih beli lagi yang baru, tapi kalau mau hemat ya diisi ulang pun masih bisa dipakai. Disini saya kasih tipsnya, ketika katrid baru mau habis isinya, jangan tunggu katrid kehabisan tinta segera lakukan isi ulang, dan seterunya. Sebab ketika katrid kehabisan tinta, head katride bisa kering dan ketika diisi ulang, tinta isi ulang bisa jadi tidak akan keluar karena head kering.

4.       Usahakan reset printer
Usahakan selalu reset printer secara software, tujuannya mengkosongkan kembali log (memory) printer ke kondisi nol(kosong). Memory printer tidak akan penuh. Memory printer yang penuh biasanya akan nge-blink (tombol power ama tombol resume nyala bergantian)


Demikian tips supaya pemakaian printerlebih awet, semoga bermanfaat buat kamu. Tips ini sudah saya praktekan di kantor dan sampai saat ini printer yang saya pakai jarang error/bermasalah.
Kalau masih bermasalah bawa ke ahlinya (tukang service printer) salam..


Tidak ada komentar:
Write komentar