Jumat, 20 Oktober 2017

Whatsapp Bisa Lacak Lokasi Orang Setiap Saat

Dikutip dari kapanlagi.com, Tak perlu lagi insecure mengetahui keberadaan kekasihmu, karena WhatsApp kini hadirkan fitur live location sharing. Berbeda dengan fitur share location yang sudah ada, fitur ini bisa mendetek lokasimu setiap saat plus menariknya, teman-temanmu pun akan tahu tahu pergerakanmu secara update.

Dilansir dari Mashable, live location sharing dapat membuat pengguna WhatsApp berbagi lokasi aktual. Namun jangan khawatir akan adanya 'gangguan privasi', fitur ini ternyata terenkripsi end-to-end serta kamu dapat mengatur dengan siapa saja lokasi dibagikan. Selain itu, ada pula jangka waktu lokasi diupdate.


Sebelumnya, di fitur share location, user hanya mengetahui lokasi user lain melalui map yang dibagikan. Sedangkan di fitur terbarunya, sembari melakukan percakapan via chat, kamu bisa mengetahui pergerakan user bersangkutan melalui map yang sudah ia share. Nah, buat yang nggak mau ranah privasinya terusik, fitur ini juga bisa dinonaktifkan kok.
Lokasi yang kamu bagikan tadi bisa diupdate per jangka waktu 15 menit, satu jam bahkan delapan jam. Selain masalah privasi nyatanya fitur ini pun mendapat tanda tanya besar dari sejumlah user mengenai penggunaan baterai. Yup, tak bisa dipungkiri lagi kalau GPS yang aktif terus menerus akan menghabiskan daya baterai lebih cepat.

Akan tetapi WhatsApp Product Manager, Zafir Khan, mengatakan bahwa mereka sudah mempertimbangkan secara masak-masak mengenai hal ini. Oleh karena itulah mereka mengembangkan sejumlah pembaharuan agar hal tersebut tidak mengorbankan daya baterai terlalu besar, bahkan saat user mengaktifkan fitur tersebut setiap saat.

"Tim engineer kami sudah melakukan perubahan signifikan terhadap aplikasi WhatsApp terbaru," tutur Khan. Fitur ini sendiri akan diluncurkan dalam beberapa hari dan dapat diunduh oleh seluruh pengguna iOS dan Android.

Tidak ada komentar:
Write komentar